BeritaPendidikanPolitik

Prasetyo Hadi Berikan Beasiswa PIP untuk 500 Pelajar SD di Jateng

BIMATA.ID, Jateng – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prasetyo Hadi, memberikan bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) ke sejumlah sekolah dasar (SD) yang berada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Bantuan beasiswa itu dibagikan untuk 500 pelajar SD yang tersebar di daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jateng VI, meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung, dan Wonosobo.

PIP yang disalurkan melalui Tim Rumah Aspirasi Prasetyo Hadi tersebut, merupakan program aspirasi Anggota DPR RI bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI.

Ketua Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (OKK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra ini mengatakan, setiap warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan dan mengikuti pendidikan dasar. Selain itu, pemerintah juga wajib membiayainya, terutama bagi pelajar yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Sehingga, tujuan yang tertera dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia (NRI) Tahun 1945 alinea keempat, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud.

“Saya ini anak dari seorang guru SD. Saya ingin anak-anak Indonesia memperoleh pendidikan, agar pintar dan tidak kalah dengan anak-anak negara lain,” kata Mas Pras, sapaan akrab Prasetyo Hadi, dalam keterangan tertulis kepada redaksi bimata.id, Jumat (10/09/2021).

 

Prasetyo Hadi Berikan Beasiswa PIP untuk 500 Pelajar SD di Jateng
Tim Rumah Aspirasi Prasetyo Hadi salurkan bantuan PIP ke sejumlah sekolah dasar (SD) di Provinsi Jateng (Dok. Bimata.Id)

 

Oleh karenanya, alumnus Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini berharap, bantuan beasiswa PIP dapat membantu meringankan perekonomian keluarga pelajar yang terkena dampak akibat pandemi.

“Mudah-mudahan dengan adanya Program Indonesia Pintar, anak-anak Indonesia tidak ada lagi yang putus sekolah karena kekurangan biaya,” ujar Mas Pras.

Untuk diketahui, PIP merupakan bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah dalam hal ini Kemendikbud-Ristek RI, yang diberikan kepada pelajar dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP dirancang bertujuan untuk membantu pelajar dari keluarga miskin atau rentan miskin, agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik jalur formal maupun non formal.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close