BeritaPolitik

Prabowo Punya Kans Menang Jika Maju Lagi di Pilpres 2024

BIMATA.ID, Jakarta – Nama Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto, masuk deretan teratas versi lembaga survei dalam bursa bakal calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tersebut, diprediksi punya kans menang jika maju lagi pada pemilihan umum (Pemilu) mendatang.

Pengamat komunikasi politik, Emrus Sihombing, menganalisa peluang mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu punya kesempatan menang yang cukup besar.

Namun Emrus menyebut, hal tersebut juga tergantung Prabowo dalam menentukan duet pasangannya dan kekuatan partai politik (Parpol) pengusungnya.

“Sangat berpeluang menang pada Pilpres 2024 jika jeli menentukan pasangannya dan didukung oleh semua koalisi pendukung pemerintah saat ini,” ungkapnya, dalam webinar Political and Public Policy Studies (P3S) bertema ‘Menakar Peluang Pràbowo pada Pilpres 2024’, Jumat (24/09/2021).

Sementara, pengamat politik, Jerry Masse memandang, saat ini Prabowo sebagai salah satu figur Capres beken dengan elektabilitas yang baik. Dirinya menilai, Prabowo juga dapat memotong kesempatan bakal Capres lain, seperti Anies Baswedan hingga Ganjar Pranowo.

Jerry menekankan, modal Prabowo bisa maju dan menang karena salah satunya pengalaman yang sudah berulang kali maju di Pilpres. Kemudian memiliki kekuatan dukungan dari Partai Gerindra.

Tidak hanya itu, dirinya mengatakan, Prabowo sebagai Purnawirawan Jenderal TNI memiliki basis suara yang kuat.

“Bicara empiris atau pengalaman, maka Prabowo lebih unggul dari kandidat lain,” kata Jerry.

Untuk diketahui, Prabowo sudah mengikuti kontestasi Pilpres sejak 2009. Saat itu, dirinya maju sebagai Cawapres yang berpasangan dengan Capres Megawati Soekarnoputri.

Selanjutnya, Prabowo maju lagi di Pilpres 2014 sebagai Capres dengan berduet bersama Hatta Rajasa. Lalu, Prabowo sebagai Capres kembali maju di Pilpres 2019 berduet dengan Sandiaga Uno sebagai Cawapres.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close