BeritaEkonomiNasional

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2021 di Tengah Pandemi

BIMATA.ID, Jakarta- Sekarang ini, pertumbuhan Ekonomi Indonesia masih dibayangi oleh pandemi Covid-19 yang tidak pasti ditengah mutasi virus yang terus terjadi. Dalam hal ini, eksekutif dinilai harus merespons kebijakan dengan sigap tetapi jangan dilupakan juga faktor kehati-hatian dan akuntabel.

“Indikator pertumbuhan ekonomi pada triwulan I/2021 menunjukkan pemulihan ekonomi yang menguat. Namun kita tidak boleh lengah,” kata Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Muhidin Mohamad Said pada laporan hasil Badan Anggaran dengan pemerintah, Selasa (06/07/2021).

Sedangkan, menurut data dari Bapenas, pada akhir triwulan II, terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang semakin tinggi di Indonesia. Tingkat keterisian fasilitas kesehatan di beberapa daerah telah mencapai 90 persen yang berpotensi menekan pemulihan ekonomi Indonesia.

Seiring dengan peningkatan kasus, ekspansi sektor manufaktur melambat akibat turunnya permintaan baru dan permintaan ekspor. Perkembangan harga di pasar domestik mengalami deflasi yang dipengaruhi oleh penurunan permintaan. Nilai tukar rupiah sepanjang bulan Juni 2021 melemah, cadangan devisa pun menurun.

Neraca perdagangan bulan Juni tahun ini tetap surplus meskipun lebih kecil dari bulan sebelumnya. Sementara itu, persentase penduduk miskin per Maret 2021 sebesar 10,1 persen, meningkat dibandingkan Maret 2020. Di sisi lain, ketimpangan semakin melebar dibandingkan kondisi pada periode yang sama tahun 2020.

 

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close