BeritaEkonomiNasionalPertanian

Pemerintah Manfaatkan Krisis Pandemi untuk Percepat Transformasi Ekonomi, Pertanian dan Struktural

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini adalah memanfaatkan momentum krisis pandemi covid-19 untuk mempercepat transformasi ekonomi, transformasi sektor pertanian dan transformasi struktural.

“Kita harus mampu menggunakan momentum krisis ini untuk mempercepat transformasi ekonomi, kita harus mengubah ketergantungan pertumbuhan ekonomi dari sektor konsumsi kita transformasikan ke sektor produksi,” kata Jokowi, Selasa (31/08/2021).

Sekarang ini Indonesia juga harus mempercepat transformasi di sektor pertanian, hasil tambang, maupun transportasi modern, di mana semua komoditas yang ada akan terus disiapkan dan didorong dari hulu hingga hilirnya oleh pemerintah.

“Semua komoditas yang ada kita dorong untuk hilirisasi untuk industrialisasi, misalnya nikel dalam 3-4 tahun akan berubah menjadi barang jadi seperti lithium baterai, baterai listrik, baterai mobil listrik. Begitu juga dengan komoditas bauksit, dan kelapa sawit yang turunannya banyak sekali,” ujarnya.

Presiden Jokowi menekankan diversifikasi komoditas pertanian, kelembagaan petani dengan model klaster harus diperkuat, badan usaha milik petani, koperasi, dan BUMDes harus terus dikembangkan. Nilai tambah dari pasca panen juga perlu ditingkatkan, dan akses pemasaran harus diperluas dengan menjalin kemitraan dengan industri, akses pembiayaan juga harus dipermudah dan disederhanakan.

Di samping itu, pemerintah juga konsisten melakukan transformasi struktural, untuk memastikan upaya-upaya menciptakan iklim investasi yang semakin menarik, lebih baik, dan lebih adil terus dilakukan.

“Dengan menyelesaikan UU Ciptakerja nomor 11 tahun 2020, peringkat kemudahan berusaha terus dilakukan,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close