Berita

Nakes Papua Minta Pemerintah dan TNI-Polri Menjamin Keselamatan Pasca Teror KKB

BIMATA.ID, Papua — Puluhan Tenaga Kesehatan (Nakes) Papua, melakukan aksi meminta perlindungan kepada aparat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov), hal itu sebagai respons atas teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang menyasar sejumlah fasilitas pelayanan publik hingga perumahan tenaga kesehatan dan guru.

“Kami meminta kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua serta TNI-Polri untuk menjamin keamanan dan keselamatan tenaga kesehatan yang bertugas di seluruh wilayah Papua,” kata Ketua IDI Wilayah Papua Donald Aronggear, Jumat (17/09/2021).

Donald juga meminta Pemprov Papua berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah daerah (pemda) didesak menggandeng tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif.

“Untuk ikut terlibat dalam menjaga keamanan para tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas,” ujar dia.

Menurut dia, berkurangnya nakes akan berdampak terhadap masyarakat Papua. Pasalnya, tenaga kesehatan amat dibutuhkan di tengah pandemi covid-19.

Saat ini, seluruh tenaga kesehatan yang selamat dari serangan KKB sudah dievakuasi ke Jayapura. Donald berharap kejadian serupa tidak terulang.

“Sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan tenang tanpa ada tekanan maupun rasa takut,” tungkasnya.

[oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close