Regional

Minimarket Menjamur hingga Pelosok, KPPU Sebut Hancurkan Usaha Kecil

BIMATA.ID, Makassar – Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) RI, Kodrat Wibowo menggaris bawahi toko ritel dan minimarket yang mulai ekspansi hingga ke pelosok desa.

Kondisi itu membuat miris karena kekuatan ekonomi menjadi terpusat dan hanya dinikmati segelintir pemilik modal. Hal tersebut terbukti telah menghancurkan ekonomi pedagang kecil.

“Jumlah UMKM di sini bukan jumlah yang kecil. Kita tahu bahwa UMKM berdiri sendiri tanpa mitra gak mungkin. Makanya kita mendorong kemitraan ini bisa bekerjasama dengan pemprov,” kata Kodrat usai pendatanganan MoU KPPU bersama Pemprov Sulsel, Selasa (7/9/2021).

Sulsel kata dia, punya sekitar 170 ribu UMKM. Sektor ini jadi penunjang utama perekonomian di daerah ini. Namun terkadang pelaku usaha besar enggan dan malas bermitra dengan UMKM. Makanya, terkadang penguasaan ekonomi hanya memusat atau dikuasai kalangan tertentu.

“Makanya kita mendorong agar UMKM bisa bermitra dengan usaha besar. Tidak mematikan UMKM. Makanya kita kerja sama, kita ingin UMKM bisa naik pangkat, bisa naik derajat,” tambahnya.

Dia menjelaskan, bila UMKM bermitra dengan usaha besar. Bisa menghadirkan kesempatan untuk memperluas pasar, meningkatkan kapasitas produksi, dan meningkatkan kualitas produk.

“Apalagi selama ini UMKM selalu kalah bersaing karena kapasitas produksi dan daya saing yang rendah,” ucapnya.

Sekadar informasi, KPPU dan Pemprov Sulsel bekerjasama untuk mendorong UMKM bermitra dengan usaha besar.

(HW)

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close