BeritaEkonomiOlahragaRegionalUmum

Menparekraf Harapkan PON XX Dapat Tingkatkan Ekonomi di Papua

BIMATA.ID, Papua- Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua yang akan digelar dalam waktu dekat diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga lokal.

“Ini adalah momentum bagi Papua dan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan wisata olahraga, pemerataan pembangunan Papua, dan titik balik kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Rabu (22/09/2021).

Dia berharap PON XX 2021 adalah kebangkitan beberapa event skala nasional. Dikatakannya ada sebanyak 25 ribu noken produk kreatif griya Papua yang sudah disiapkan menjadi merchandise untuk para atlet dan official PON serta ratusan pekerja ekonomi kreatif di bidang event.

Apalagi Presiden Joko Widodo sudah memberikan izin agar pelaksanaan PON Papua dengan kehadiran penonton terbatas 25% dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan disiplin serta sudah ter-vaksinasi lengkap.

Dimana, ada empat kluster yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Kami harapkan Opening dan Closing PON XX bisa berlangsung lancar. Mari bersama bersatu padu sukseskan PON 20 Papua.

“Jangan sampai pariwisata tidak berdampak pada ekonomi masyarakat setempat. Sagu diolah menjadi eskrim Mace Marice minta dibawa ke PON XX ini, nanti kita bantu kemas. Bisa hadir di kampung kreatif di Lukas Enembe ini,” katanya.

Sandi juga mengungkapkan pihaknya ingin ada elemen surprise, di tengah pandemi dan tantangan ekonomi, pelaksanaan PON XX bisa dikemas dengan inovasi terkini, ada pesan-pesan nilai luhur bangsa kita, persatuan kesatuan dan ketangguhan menghadapi pandemi Covid-19.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close