BeritaPolitik

Megawati Tegaskan Baguna PDIP Hadir Bantu Bencana Tak Pandang Bulu

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri menyampaikan, pentingnya keberadaan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) dan perlunya untuk selalu meningkatkan kemampuan anggotanya.

Presiden RI kelima ini pun memberi contoh, alasan kenapa Baguna selalu mendirikan dapur umum di setiap operasi penanganan bencana yang dilibati. Misal, bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa waktu lalu.

Di mana warga kebingungan dan hanya berlarian ketika bencana terjadi. Baguna kemudian hadir dengan dapur umum untuk setidaknya menyiapkan logistik dan makanan untuk para warga korban bencana.

“Karena itu, memang di dalam instruksi partai, saya selalu meminta terutama pada Baguna, untuk selalu menyiapkan diri di dalam rangka membantu bencana,” tutur Megawati, Selasa (28/09/2021).

Hal itu disampaikan Megawati saat membuka Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan Bagi Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD dan DPC PDIP di seluruh Indonesia.

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara virtual atas kerja sama partai berlambang Kepala Banteng ini dengan Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas).

Hadir pula dalam pelatihan itu, yakni Kepala BNPP/Basarnas, Marsdya (TNI) Henri Alfiandi, Kepala BNPB, Letjen (TNI) Ganip Warsito, dan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. Serta Pengurus DPP PDIP, yaitu Hasto Kristiyanto, Eriko Sotarduga, Ribka Tjiptaning, Arif Wibowo, dan Sadarestuwati.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengemukakan, Baguna memang dibangun berbasis semangat kemanusiaan dan kebangsaan yang kuat. Baguna harus menjalankan dedication of life yang dibangun oleh Bung Karno, yakni mengabdi pada bangsa dan tanah air Indonesia dengan rasa cinta yang berkobar-kobar.

“Karena itu, dalam menolong rakyat yang jadi korban bencana, maka kita tak akan pernah membedakan rakyat dari jenis apapun, termasuk pilihan partai politiknya. Semua akan ditolong karena itulah kemanusiaan kita,” ucapnya.

Ia menyampaikan, semua anggota Baguna harus bekerja menolong rakyat karena mengemban misi Pancasila, khususnya gotong royong.

“Yang kuat membantu yang lemah. Prinsip inilah yang harus dipegang dengan baik oleh Baguna. Inilah yang menunjukkan Baguna menjalankan ideologi Pancasila dalam praktik,” tandasnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close