Politik

KPU Makassar Estimasi Anggaran Pilkada 2024 Rp84,6 Miliar

BIMATA.ID, Makassar – KPU Kota Makassar sudah menghitung anggaran Pilkada 2024 mendatang. Penyelenggara pemiliha ini ini mengestimasi hingga Rp90 miliar.

Nilai estimasi yang juga sudah disodorkan ke KPU Sulsel tersebut nilainya masih sama dengan yang diajukan pada pilkada sebelumnya, yakni Rp90 miliar.

Sekalipun yang disetujui melalui naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) sebesar Rp78 miliar. Lalu belakangan ada adendum tambahan anggaran sebanyak Rp6,2 miliar.

“Kalau anggaran Pilkada 2024 kita usulkan sebesar Rp84,6 miliar ke KPU Provinsi. Ini baru estimasi, belum final,” kata Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi, Kamis (30/9/2021).

Farid mengatakan, penyusunan anggaran KPU Makassar banyak mengikuti tahapan pada Pilkada 2020 lalu. Sebab rujukan undang-undangnya masih sama, tidak berubah.

“Makanya data proyeksi kebutuhan kita sama (seperti Pilkada 2020). Itu sudah kami sampaikan bahwa kurang lebih sama dengan Pilkada sebelumnya,” ujarnya.

Lanjut Farid, estimasi anggaran yang sudah diusulkan ke KPU Provinsi Sulsel kemudian akan ditnjau secara bersama-sama. Serta diupayakan untuk diseragamkan beberapa komponen pembiayaannya KPU se-Sulsel.

“Tapi yang kami sampaikan ialah hasil review pada tahapan sebelumnya (Pilkada 2020). Mungkin akan ada perubahan hal teknis nantinya,” sebutnya.

Farid belum memastikan kapan nilai anggaran tersebut akan disodorkan ke Pemkot Makassar. Sebab tahapan Pilkada 2024 juga masih tergolong lama.

“Karena tahapannya kan masih jauh. Kan kalau (disodorkan) ke Pemkot, itu ada NPHD. Nah itu masuk tahapan Pilkada, sementara tahapan belum mulai,” jelasnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close