BeritaEkonomiPertanianRegional

Kementan Salurkan Alsintan untuk 2 Poktan di Sumbar

BIMATA.ID, Sumbar-  Peningkatan produktivitas pertanian di Indonesia dapat dicapai dengan menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) khususnya pada era industri 4.0, alsintan memiliki peran krusial dalam pertanian modern, utamanya yang berakitan dengan proses budi daya melalui mekanisme pertanian.

“Alsintan merupakan sarana yang dianggap efektif meningkatkan produktivitas hasil pertanian. Alsintan juga merupakan ciri pembangunan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Selasa (14/9/2021).

Dalam hal ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan alsintan berupa cultivator dan hand sprayer kepada dua kelompok tani (poktan) di Kabupaten Agam dan Kota Bukitinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas sektor pertanian di Sumbar melonjak drastis

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menambahkan, penggunaan alsintan juga mampu menekan losses hasil panen raya petani, sehingga produktivitas dapat bertambah.

Alsintan juga diyakini mampu menekan biaya produksi yang dikeluarkan petani dalam proses pertanian.

“Penggunaan alsintan dapat meminimalkan losses hasil budi daya pertanian. Dengan begitu, dapat dipastikan produktivitas pertanian akan meningkat,” ujarnya.

Ali menjelaskan, petani cukup memerlukan satu orang saja sebagai operator alsintan. Dengan begitu, akan terjadi juga penghematan waktu dalam mengolah lahan jika menggunakan alsintan, sehingga masa tanam bisa dilakukan secara serentak.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close