Regional

Kalapas dan Rutan di Sulsel Diminta Mitigasi Risiko Kebakaran

BIMATA.ID, Makassar – Kanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto meminta seluruh kepala Lapas, Rutan, Bapas himgga Rupbasan di wilayahnya untuk waspada kebakaran.

Hal ini disampaikan Harun dalam arahannya kepada kepala Lapas, Rutan, dan Bapas via virtual pada Rabu (9/8/2021).

“Pertama melakukan penertiban sambungan listrik ilegal dan barang larangan yang berpotensi menimbulkan kebakaran, kedua lakukan koordinasi dengan PLN dan asosiasi Kontraktor listrik setempat terkait perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik,” kata Harun.

Ketiga, lanjut Harun, memasang Miniature Circuit Breaker (MCB) atau pemutus sirkuit miniatur pada tiap blok hunian, sehingga jika ada penggunaan listrik melebihi batas yang ditentukan atau korsleting, hanya listrik di blok hunian tersebut yang padam. Hal ini memudahkan untuk lakukan pengawasan.

Keempat, lakukan koordinasi dengan pihak pemadam kebakaran tentang perawatan, pemeliharaan dan penempatan alat pemadam kebakaran serta  penentuan  jalur evakuasi bagi mobil pemadam kebakaran. Kelima, lakukan sosialisasi kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan para  petugas  terkait mitigasi risiko tentang kebakaran. Bila memungkinkan dilakukan simulasi.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Edi Kurniadi mengingatkan jajarannya untuk tetap semangat dalam bertugas, memberikan hak WBP secara maksimal sehingga  mereka memenuhi kewajibannya, mematikan listrik yang tidak diperlukan saat pulang kantor dan melaksanakan tugas sesuai aturan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan Rahnianto, Kalapas Makassar Hernowo, KaRutan Makassar Sulistiadi dan KaRupbasan Makassar Arifuddin

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close