Regional

Jelang PTM, Wawali Makassar Wanti-wanti Persiapan Sekolah Swasta

BIMATA.ID, Makassar – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Makassar dalam waktu dekat mulai dilaksanakan. Uji coba diagendakan pada 4 Oktober 2021 mendatang.

Namun Pemkot Makassar mewanti-wanti pelaksanaan PTM bagi sekolah swasta. Pasalnya, sekolah swasta di luar kewenangan pemkot.

Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi mengatakan, pelaksanaan PTM di sekolah swasta dikhawatirkan dapat menjadi pemicu lonjakan kasus Covid-19. Terutama jika persiapannya kurang matang. Mulai dari vaksinasi, testing, hingga kontrol berkala.

Pasalnya, sekolah swasta di luar kewenangan Pemkot Makassar sehingga intervensinya hanya sebatas pengawasan. Sarana dan prasarana disiapkan sendiri.

“Kita tetap minta update dari swasta. Karena sebelumnya kita minta memastikan vaksinasi. Sementara itu under control kita. Nah tiga hari ini dari disdik kita tegaskan data dari sekolah swasta,” kata Fatma.

Berdasarkan verifikasi dan validasi Disdik Makassar pada Juni lalu, faktor risiko di sekolah swasta memang cukup tinggi. Presentasenya sekitar 51 persen. Sementara sekolah negeri hanya sekitar 10 persen saja.

“Kita punya swab antigen 400 ribu dari Makassar Recover untuk anak-anak kita di sekolah negeri. Kontrol berkala juga sudah disiapkan menggunakan GeNose,” imbuhnya.

Hal serupa pun diharapkan bisa dilakukan di sekolah swasta. Sebab, syarat untuk melaksanakan PTM harus memenuhi indikator yang telah disiapkan. Dilihat dari sisi administrasi, sarana dan prasaranan, kesiapan belajar, serta faktor risiko.

“Kalau belum siap, tidak memenuhi indikatornya, tidak akan dibuka tatap mukanya. Makanya kita mulai dari sekolah yang siap. Simulasinya masing-masing kecamatan satu SPM negeri dan satu SMP swasta,” sebutnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close