Regional

Insentif Tenaga Kesehatan di Makassar Cair Pekan Depan

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar belum juga mencairkan dana insentif tenaga kesehatan (Nakes). Insenti ini tertunggak dari Januari hingga Agustus 2021.

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Makassar Dahlan mengatakan, kemungkinan anggaran tersebut baru disalurkan pekan depan.

Dia mengatakan, kementerian terkait mengeluarkan instruksi baru. Insentif nakes dibayarkan hingga Agustus. Hanya saja, data yang selesai diverifikasi Inspektorat baru sampai Juni 2021.

“Jadi Januari hingga Juni sudah selesai (verifikasi), paling lambat itu pekan depan baru dibayar. Tapi persoalannya dari pusat dia nda mau kalau bulan Juni lagi, dia mau sampai Agustus,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tengah mentaktisi agar anggaran dapat cair hingga Juni 2021 ini. Untuk Juli hingga Agustus dapat dilakukan setelahnya.

“Sebenarnya harus sampai Agustus, tapi kita bayarkan saja dulu yang sampai bulan enam. Sambil menunggu ini proses Juli Agustus. Tapi yang jelas ini sudah selesai diverifikasi inspektorat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, penyaluran anggaran nakes per 2020 lalu mencapai Rp9 milliar dan untuk tahun ini mencapai Rp42 milliar.

Khusus 2020 dilaporkan telah rampung 100 persen, sementara untuk tahun ini baru direalisasikan untuk Januari hingga Juni dengan total anggaran mencapai Rp24 milliar

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close