BeritaEkonomiEnergiPertanian

Inilah Pabrik Terigu Pertama di Indonesia yang Menggunakan Energi Baru Terbarukan

BIMATA.ID, Sumut- Produsen tepung terkemuka Indonesia PT Flour Mills Indonesia menggandeng PT Xurya Daya Indonesia , sebuah startup nasional penyedia jasa pembangunan PLTS atap, guna mengoptimalkan program ramah lingkungan, dengan memanfaatkan energi terbarukan.

Presiden Direktur Bungasari Budianto Wijaya dari Bungasari dan Managing Director Xurya Eka Himawan meneken perjanjian pembangunan PLTS atap tersebut di Jakarta, Jum`at (10/9),

“Setelah penandatanganan perjanjian, tim pembangunan PLTS atap ini segera masuk ke tahap berikutnya, yakni proses desain dan konstruksi, Untuk waktu pemasangan dan penyelesaian proyek ini diperkirakan memakan waktu sekitar lima hingga enam bulan, sehingga di awal tahun 2022 proyek ini diharapkan sudah selesai di tahap awal dan bisa mulai beroperasi,” jelas Budianto Wijaya melalui keterangan resminya.

Memanfaatkan atap pabrik dengan membangun PLTS atap merupakan bentuk partisipasi Bungasari dalam menekan tingkat pemanasan global, yang mengancam keberlangsungan produksi pertanian akibat dampak cuaca ekstrem. Inisiatif Bungasari ini juga menjadi sejalan dengan Gerakan Nasional Sejuta Surya yang telah dikampanyekan oleh pemerintah sejak tahun 2017.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bungasari sebagai pabrik terigu pertama di Indonesia yang menggunakan energi baru terbarukan dalam kegiatan operasionalnya. Langkah ini tentu sangat penting untuk mengurangi dampak climate change yang dapat mengancam keberlangsungan produksi pertanian. Setiap industri memang perlu memperhatikan aspek lingkungan dalam kegiatan operasionalnya, dan Bungasari telah selangkah lebih maju dalam hal ini.” karta Eka Himawan

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close