BeritaEkonomiNasionalUmum

Hari ini Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 Dibuka, Ayo Buruan Daftar

BIMATA.ID, Jakarta- Head of Communication Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengungkapkan, pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 20 dibuka pada hari ini pukul 12.00 WIB dengan kuota sebanyak 800.000 peserta.

“Hari ini jam 12.00 WIB kami akan membuka pendaftaran gelombang 20 dengan kuota 800.000,” kata Louisa di Jakarta, Kamis (09/09/2021).

Berikut adalah hal yang perlu diketahui dalam pendaftaran kartu prakerja gelombang 20:

1. Syarat Daftar

Bagi calon peserta Program Kartu Prakerja, dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendaftarkan diri:

1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer

2. Siapkan nomor Kartu Keluarga (KK) serta Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar

4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online

5. Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka

6. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

2. Terbuka Bagi Seluruh WNI 18 Tahun ke Atas

Adapun beberapa ketentuan yaitu, program kartu prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Penerima Kartu Prakerja tidak boleh tercatat di DTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM, bukan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, dan atau DPRD.

Masukkan data diri dan ikuti petunjuk pada layar. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online.

Demi pemerataan, setiap KK dibatasi maksimal 2 anggota keluarga dan mereka yang sudah pernah menerima tidak dapat lagi menjadi penerima.

3. Bakal Dapat Bantuan Rp1 Juta

Setelah mengikuti beberapa proses, jika lolos pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20, peserta akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp2,4 juta yang akan diberikan bertahap yakni Rp600 ribu 4 bulan. Kemudian dana insentif pengisian 3 survei dengan total Rp150 ribu.

 

(Bagus)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close