PerikananRegionalUmum

Hadiri Pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan,Ini Harapan Novita Wijayanti

BIMATA.ID, Cilacap — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Hj. Novita Wijayanti mengharapkan nelayan memiliki pemahaman terhadap perubahan iklim dan cuaca sebagai bekal saat turun ke laut menangkap ikan

Hal itu disampaikan Novita saat menghadiri pembukaan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Melaksanakan di Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap diadakan di Gedung DPC HNSI Kabupaten Cilacap, Selasa, 28/09/21.

“Para nelayan yang sudah mengikuti sekolah, nantinya bisa menjadi Jubir-jubirnya BMKG, setelah pelatihan bisa memberikan pengetahuan kepada teman – temanya yang tidak bisa hadir, bisa menjadi jembatan BMKG yang kita tau anggarannya sangat terbatas, jadi bisa menginformasikan kepada temen – temen-temennya terkait ilmu pengetahuan yang didapat saat mengikuti Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini, “ harapnya.

Hj.Novita Wijayanti juga menambahkan bahwa nantinya para petani juga akan mendapat giliran sekolah, supaya para petani memahami tentang iklim saat kapan akan memulai menanam padi.

“Tentunya nantinya juga akan di bagi menjadi beberapa tahap dalam mengikuti Sekolah Lapang Cuaca, Dikarenakan Petani sangat banyak sementara anggaran sangat minim,” tambahnya.

Sementara Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji, menjelaskan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan tersebut sangatlah penting bagi para nelayan, supaya nantinya para Nelayan selamat dalam mencari ikan untuk menafkahi keluarga.

“Karena kalau dulu nelayan mencari Ikan , tapi Sekarang nelayan menangkap ikan, setelah para nelayan mengikuti sekolah lapang cuaca, Nelayan akan tau posisi ikan di laut sebelah mana Yang harus ditangkap, Karena para nelayan tau iklimnya, “ jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H.Tatto Suwarto Pamuji, Kepala BMKG Prof Ir. Dwi Kartika Karnawati, MSI.PSP,  Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo,MT, Kepala Balai Besar MKG Wilayah  2 Hendro Nugroho,ST.MSI, Kepala Dinas Perikanan Cilacap Adyaksa Pradipta,SH.MSI, Kepala Basarnas Cilacap Inyoman Sidakarya, SH, Jajaran Forkopimcam Kecamatan Cilacap Selatan dan 50 peserta sekolah lapang cuaca nelayan Kabupaten Cilacap.

(****)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close