Regional

Diskes Makassar Bakal Swab Peserta Didik Jelang PTM

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar mula mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka untuk jenjang SD-SMP. Rencananya, Oktober mendatang PTM mulai dilaksanakan.

Sebelum masuk sekolah, ribuan siswa terlebih dahulu akan melalui pemeriksaan Covid-19 swab antigen.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaida Sirajuddin mengatakan, Disdik menyiapkan 400 ribu alat swab untuk mengakomodir pemeriksaan sekitar 197.800 peserta didik.

“Kita sudah siapkan swab antigen sebanyak 400 ribu kouta untuk persiapan tatap muka. Kalau sudah ada kebijakan pak wali, kita sudah bisa langsung jalan,” kata Nursaida, Kamis (23/9/2021).

Dia mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar terkait pelaksanaannya. Sejauh ini, kedua pihak belum duduk bersama.

“Kita lihat dulu kesiapan sekolah terkait vaksin baik guru dan siswa. Karena, saat ini gencar vaksin siswa SMP sehingga kita ingin fokus yang sudah divaksin dan siswa yang taat prokes,” katanya.

Swab massal para peserta didik akan melibatkan 47 puskesmas di Kota Makassar. Mereka disebar sesuai wilayah sekolah yang terdekat dari puskesmas.

Plt Sekertaris Disdik Kota Makassar Amalia Malik mengatakan, sudah 80 persen sekolah yang siap melaksanakan PTM. Namun, pihaknya masih akan melaporkan kesiapan sekolah tersebut kepada wali kota.

“Kita harus presentasikan persiapan sekolah. Jadi, ada mekanisme yang akan diterapkan saat PTM diberlakukan,” ujar dia.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close