Berita

Dinkes Kabupaten Tangerang Menyatakan Angka Penyakit Diabetes Semakin Meningkat

BIMATA.ID, Tangerang — Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, dr. Hj Ati Pramudji Hastuti, mengatakan dalam rangka menurunkan angka kesakitan, kecacatan dan kematian akibat diabetes melitus.

“Mengingat kondisi saat ini dimana degradasi perkembangan dari penyakit diabetes melitus ini semakin meningkat di Provinsi dan khususnya di Kabupaten Tangerang, dari mulai tahun 2020 hingga tahun ini terus mengalami peningkatan,” Ucap Ati dalam acara seminar tentang penyakit diabetes dan penyakit kronis lainnya, Kamis (30/09/2021).

Ia berharap, dengan adanya acara tersebut nantinya masyarakat dan Perangkat Daerah dapat terus tersosialisasikan dan ter edukasikan sehingga mereka dapat sadar mau dan mampu untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Pesan saya untuk masyarakat agar dapat mencegah penyakit tidak menular ini, yaitu dengan melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam satu hari, tidak merokok dan tentunya masyarakat harus mengkonsumsi sayur dan buah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Hendra Tarmizi mengatakan, angka diabetes militus di Kabupaten Tangerang masih tinggi, maka selain untuk mengedukasi, seminar ini juga diadakan guna menemukan kasus diabetes sebanyak mungkin yang nantinya akan dilakukan pengobatan lebih lanjut.

“Ketika sudah ditemukan kasus-kasus diabetes, kita berharap tidak ada efek samping atau komplikasi seperti penyakit stroke atau serangan jantung,” ujarnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close