BeritaKesehatanPolitik

Budi Gunadi Sebut Banyak Warga Takut Dites Covid-19

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI), Budi Gunadi Sadikin menyebut, masih banyak warga yang tidak mau dites Covid-19. Sebab, mereka takut dinyatakan positif setelah dilakukan testing.

“Rupanya masih banyak yang merasa khawatir atau takut kalau dites, takut ketahuan kalau sakit,” katanya, melalui konferensi pers virtual, Senin (20/09/2021).

Budi meminta, agar warga tidak khawatir, bahkan ketika dinyatakan positif Covid-19. Dirinya menekankan, pasien yang terinfeksi virus korona bisa sembuh.

“Penyakit ini kan 80 persen enggak perlu masuk rumah sakit. Masuk rumah sakit mungkin hampir 80-90 persen sembuh,” tandas Budi.

Dirinya menilai, angka testing di Indonesia terus meningkat. Sebanyak 1,1 juta orang dites per minggu.

Budi menyampaikan, Indonesia sudah melampaui standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Standar WHO, yakni 1 per 1.000 orang per minggu dites atau 270 ribu warga Indonesia harus dites untuk tercapainya positivity rate di bawah 5 persen.

“Sekarang positivity rate kita di bawah 5 persen. Kita sudah 1,1 juta orang per minggu sudah hampir empat kali lipat dari standarnya WHO,” ujarnya.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close