Berita

BPBD NTT Nyatakan Hujan Dengan Intensitas Tinggi Membuat Ribuan Rumah Kebanjiran

BIMATA.ID, NTT —  Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ende, Ida Muda Mite, mengatakan hujan deras yang turun sejak Kamis 23 September telah menyebabkan ribuan rumah warga kebanjiran dan air hujan menimbulkan arus deras yang merusak drainase yang lama kering di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Dari data yang masuk sementara 147 rumah terendam air. Kita masih bergerak terus mengambil data rumah-rumah yang terdampak. Kalau saat ini kita perkirakan bisa sekitar ribuan rumah yang terendam air. Jadi sekarang pihak lurah sedang mendata untuk laporkan kepada kita. Nanti data finalnya saya akan sampaikan,” ujarnya, Jumat (24/09/2021).

Kondisi saat ini, jelas Ida, air sudah mulai surut namun ada beberapa titik masih ada genangan air di bawah lutut. Saat ini hampir semua warga sedang melakukan pembersihan rumah mereka masing-masing yang terendam air akibat hujan kemarin. 

“Tadi Bupati Ende langsung turun ke beberapa titik lokasi dan berdiskusi dengan warga dari rumah ke rumah yang terkena dampak. Bupati juga kerja bakti bersama-sama untuk bersihkan sejumlah jalan raya masih berlumpur,” tandas Ida.

Ida menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan penanganan darurat di lokasi yang terdampak. “Kita akan melakukan analisis. Prinsipnya kita akan memberikan bantuan. Saat ini kita masih melakukan pendataan,” ujar dia.

BPBD Ende, lanjut Ida, telah memberikan bantuan sementara kepada salah satu rumah warga yang pondasinya rumahnya sudah tergantung.

“Tadi kita suport bantuan karung 50 lembar yang berisi tanah untuk antisipasi daruratnya soalnya takut sebentar lagi hujan besar,” kata Ida.

Kedepannya, BPBD Ende minta masyarakat tetap waspada hujan susulan. Pihaknya juga sudah mengantisipasi jika terjadi banjir susulan warga akan diungsikan.

“Kalau memang hujan susulan dan berikan dampak besar, maka warga akan kita ungsikan sementara. Prinsipnya, logistik BPBD untuk tenda dan lainnya sebagainya sudah disiapkan. Pemerintah siap membantu warganya,” janji Ida. [oz]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close