Berita

BMKG Membuka Kanal Aduan untuk Warga NTT Saat Alami Perubahan Cuaca Ekstrem

BIMATA.ID, Kupang — Untuk warga Nusa Tenggara Timur diminta untuk segera melaporkan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat mengalami kondisi cuaca yang berubah secara ekstrim. hal itu berkaitan dengan langkah mitigasi bencana yang perlu dilakukan warga ketika menghadapi perubahan cuaca ekstrem di wilayah NTT.

“Peralatan meteorologi kami itu tidak ditempatkan di semua wilayah di NTT sehingga kalau masyarakat merasakan cuaca yang mengalami perubahan yang sangat ekstrim silahkan lapor ke BMKG melalui berbagai kanal yang kami sediakan,” kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudiono Abadi, Rabu (08/09/2021).

Pihaknya mengatakan, dari laporan masyarakat dapat membantu keterbatasan peralatan meteorologi dari BMKG maka tidak semua kondisi cuaca ekstrem akibat faktor-faktor lokal dapat terdeteksi nantinya BMKG akan menganalisis baik lewat satelit maupun unsur-unsur cuaca lainnya sehingga bisa mengeluarkan peringatan dini untuk memitigasi bencana.

“Peralatan meteorologi kami, bahkan pos-pos hujan masih jarang ditempatkan di sana (Ngada), sehingga laporan masyarakat akan sangat membantu,” ucapnya.

BMKG mengajak seluruh masyarakat untuk berkolaborasi dengan BMKG agar bersama-sama memberikan laporan secara cepat ke melalui kanal disediakan berupa nomor telpon atau whatsapp 081139404264.

“Nomor telepon ini tetap aktif 24 jam sehingga dapat dihubungi warga kapan saja,” tungkasnya.

[oz]

Tulisan terkait

Bimata
Close