BeritaInternasionalNasionalOlahragaUmum

Bentuk Komitmen Pemerintah ke Atlet Penyandang Disabilitas

BIMATA.ID, Jakarta- Bentuk komitmen pemerintah terhadap atlet penyandang disabilitas, salah satunya dengan memberikan kesetaraan apresiasi, bonus bagi atlet Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo.

“Bonus atlet Paralimpiade Tokyo sama dengan atlet Olimpiade Tokyo 2020. Bonus juga diberikan kepada atlet non peraih medali dan pelatihnya,” kata Staf Khusus Presiden RI, Angkie Yudistia menegaskan, Kamis (23/09/2021).

Di acara Pelatihan Tenaga Pendamping Bagi Pemuda Berkebutuhan Khusus secara virtual, Angkie mengatakan pemerintah akan memberikan bonus senilai Rp 5,5 miliar kepada atlet peraih emas Paralimpiade dan Olimpiade Tokyo. Sementara pemerintah akan memberikan bonus Rp 2,5 miliar bagi peraih perak dan Rp 1,5 miliar bagi peraih perunggu.

“Luar biasa perjuangan atlet kita di Paralimpiade Tokyo. Mereka menunjukkan komitmen pantang menyerah dan berhasil juara. Mereka pun mendapatkan bonus yang setara (dengan atlet Olimpiade),” katanya.

Pemerintah juga akan memberdayakan penyandang disabilitas melalui tenaga pendamping. Tenaga pendamping harus memahami kendala atau kebutuhan dari setiap ragam penyandang disabilitas.

“Selain itu, juga harus menggali lebih dalam potensi dari individu penyandang disabilitas. Kemudian, kaitkan dengan perkembangan terkini, inovasi digital, dan sisi permintaan dari konsumen atau perusahaan,” jelasnya.

Angkie menyampaikan, Komisi Nasional Disabilitas (KND) memiliki fungsi dalam penyusunan rencana kegiatan, pemantauan dan evaluasi, serta advokasi. KND juga turut melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait dalam rangka pelaksanaan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

“Dengan populasi penyandang disabilitas yang didominasi oleh usia produktif, persiapan SDM disabilitas unggul, berdaya saing, dan adaptif tidak bisa ditunda lagi. KND sebagai stakeholder yang mengkolaborasi semua unsur dalam upaya menuju Indonesia Maju, Indonesia Inklusif,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close