BeritaOlahragaPolitik

Bamsoet Apresiasi Kesiapan Polri-TNI Amankan PON XX Papua

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Bambang Soesatyo alias Bamsoet, memberikan apresiasi terhadap kesiapan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Badan Intelijen Negara (BIN) RI dalam pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Bamsoet memastikan, ada ribuan personil aparat penegak hukum yang diterjunkan untuk mengamankan ajang olahraga tersebut.

“Untuk memastikan keamanan dan keselamatan para atlet, Polri menyiapkan 4.412 personil, TNI sebanyak 2.765 personil, dan 739 personil dari instansi terkait,” tuturnya, usai kembali kunjungan kerja (Kunker) dari Jayapura, Papua, Selasa (28/09/2021).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini memastikan, semua personil yang bertugas mengamankan para atlet, mulai dari keberangkatan, pertandingan, hingga kepulangan. Terkait pembukaan dan penutupan PON XX di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, aparat yang bertugas mencapai 3.000 personel.

Tim gabungan itu terdiri dari ring 2, ring 3, dan penyekatan sebanyak 1.125 personil. Sementara itu, personil TNI yang mengamankan ring 1 sebanyak 1.875 personil.

“Seluruh personil dipastikan memiliki fisik prima dan memiliki kemampuan taktis di atas rata-rata,” pungkas Bamsoet.

Lebih jauh Bamsoet mengatakan, personil yang disiapkan mencapai 875 orang yang tersebar di Bandara Sentani Jayapura sebanyak 230 personil, di Moses Kilangin Mimika sebanyak 280 personil.

Ada juga 95 personil di Mopah Merauke, 160 personil di Pelabuhan Jayapura, 75 personil di Pelabuhan Pomako Mimika, dan 75 personil di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke.

Ketua IMI Pusat ini mengingatkan kepada berbagai pihak, agar tidak memanfaatkan penyelenggaraan PON XX Papua demi kepentingan pribadi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Siapa pun yang ingin mengganggu penyelenggaraan PON XX Papua, dipastikan akan berhadapan dengan TNI dan Polri.

“PON XX Papua adalah event olahraga untuk membina dan meningkatkan prestasi atlet, tidak boleh dijadikan tempat untuk memecah belah bangsa,” ucap Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) VII ini.

Diketahui, penyelenggaraan PON XX Papua akan dilakukan di empat kabupaten/kota, mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang olahraga, dan 681 nomor pertandingan.

Ajang tersebut juga melibatkan 6.496 atlet dengan 3.247 official, dan 9.904 panitia pertandingan. Upacara pembukaan tanggal 2 Oktober 2021, dan penutupan pada 15 Oktober 2021, diselenggarakan di Stadion Utama Lukas Enembe, Jayapura, Papua.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close