Regional

8.818 dari 10.476 WBP di Sulsel Sudah Vaksin

BIMATA.ID, Makassar – 8.818 Warga Binaan Pemasyarakatan di 24 Lapas dan Rutan se Sulsel sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Jumlah itu sekitar 84,17 persen dari total 10.476 WBP.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Edi Kurniadi merinci, dari jumlah 8.818 WBP yang sudah divaksin, 4.713 WBP baru dosis pertama, sisanya atau sekitar 4.105 sudah lengkap dosis pertama dan dua. Sementara yang belum divaksin sama sekali sekitar 1.658 WBP.

“Alhamdulillah sudah 84,17 persen WBP di Sulsel yang sudah di Vaksin Covid 19,” kata Edi.

Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Harun Sulianto mengatakan, terkait 1.658 orang WBP yang belum divaksin sama sekali, pihaknya akan segera melakikan koordinasi.

“Akan segera kami koordinasikan dengan pihak Pemprov Sulsel, pemkab/pemkot di Sulsel, TNI-Polri, poltekes dan kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar,” katanya.

Rencananya, 25 september mendatang, Rutan Makassar akan melaksanakan vaksininasi kepada 446 orang WBP yang belum pernah diVaksin sama sekali.

“Bagi WBP yang belum memenuhi syarat untuk divaksin, saat ini juga dalam perawatan medis di Lapas /Rutan, dengan harapan saat vaksin mendatang yang bersangkutan sudah bisa divaksin,” terang Harun.

Dari 24 lapas dan Rutan di Sulsel, saat ini sudah ada 14 Lapas dan Rutan yang capaian vaksinasinya di atas 90 persen.

Seperti Rutan Enrekang, Watansoppeng, Bantaeng, Sidenreng Rappang, Pinrang, Makale, Pangkajene, Sengkang, Barru, Malino. Juga Lapas Makassar, Lapas Parepare, Lapas Takalar dan Lapas Narkotika Sungguminasa.

Selain melaksanakan Vaksinasi, pihaknya juga memonitor dan mengevalusi penerapan prokes Covid-19 di Lapas/Rutan yang meliputi ketersediaan tempat cuci tangan, penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan kedisiplinan penggunaannya, pembagian vitamin, alat cek suhu tubuh, protap menjaga jarak dan pencegahan kerumanan, pengaturan olahraga WBP, penyuluhan oleh dokter dan para medis kepada WBP dan penanganan serta mekanisme jika ada WBP yang sakit.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close