BeritaHeadlineInfo SainsInternasionalKesehatanSains & Tek

WHO Peringatkan Adanya Virus Marburg

BIMATA.ID, Jakarta – Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah mengkonfirmasi kasus pertama virus Marburg di Guinea, Afrika Barat. Penyakit yang berada dalam keluarga yang sama dengan virus yang menyebab Ebola ini muncul lagi dan diyakini sangat menular.

Penyakit ini ditularkan dari hewan yang terinfeksi, seperti monyet atau kelelawar buah yang kemudian menularkannya virus ke manusia. Virus kemudian menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi.

Potensi virus Marburg untuk menyebar, jauh dan luas, berarti kita harus menghentikannya.

-Dir. Regional WHO Afrika, Dr. Matshidiso Moeti-

“Kami bekerja dengan otoritas kesehatan untuk menerapkan respons cepat yang membangun tentang pengalaman dan keahlian Guinea di masa lalu dalam mengelola Ebola, yang ditularkan dengan cara yang sama,” ujarnya via Euro News.

Kasus virus Marburg baru-baru ini teridentifikasi di Guéckédou–sebuah kota di Guinea Selatan–pada minggu lalu. Wilayah ini merupakan wilayah yang sama di mana kasus Ebola sempat ditemukan kembali. Padahal sebelumnya, wabah Ebola sempat mereda.

Sampel virus diambil dari pasien yang meninggal akibat demam berdarah. Setelah uji laboratorium rupanya pasien tersebut menunjukkan positif virus Marburg.

Kepada BBC, pakar Dr Krutika Kuppalli, yang mengikuti kasus tersebut, menuturkan, pejabat kesehatan telah berusaha melacak semua orang yang mungkin telah melakukan kontak dengan pasien yang mencari perawatan medis di Guéckédou itu.

Setelah ditelusuri, ada empat orang yang berisiko tinggi melakukan kontak erat termasuk seorang petugas kesehatan. Selain itu, ada 146 orang lainnya yang mungkin berisiko pernah melakukan kontak.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close