BeritaEkonomiInternasionalNasionalRegionalUMKM

Upaya Pemerintah Terus Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor

BIMATA.ID, Jakarta– Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan terus mendukung dan mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa menembus pasar ekspor.

“Untuk dukungan peralatan, Kementerian Perindustrian pasti akan membantu,” kata Airlangga didampingi Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang di Kabupaten Klaten dikutip Minggu, (15/08/2021).

Dikesempatan yang sama, Airlangga juga melakukan kegiatan pelepasan ekspor telur tetas hasil dari UMKM di Kabupaten Klaten. Apresiasi diberikan kepada pengusaha karena telah berhasil mengembangkan usahanya hingga mengekspor telur tetas ke negara Myanmar dan Vietnam.

“Biasanya kita yang impor dari Myanmar, sekarang sudah berhasil ekspor telur tetas ke Myanmar dan Vietnam. Saya mengapresiasi karena ini jarang. Kita harus dorong dan harus terus bertambah ekspornya. Agustus 66 ribu butir, September 99 ribu butir, serta November dan Desember 145 ribu butir,” tutur dia.

Dalam Kegiatan itu, Airlangga bertemu langsung dengan para pelaku UMKM yang tergabung dalam Dekranasda Klaten untuk memastikan usaha mereka tetap berjalan di masa pandemi. Dekranasda merupakan lembaga yang mewadahi karya-karya dari pengrajin di Klaten.

Airlangga mendengarkan aspirasi para pelaku usaha yang ingin terus didukung oleh pemerintah dalam bentuk peralatan dan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar usahanya terus berkembang.

“Dekranasda Klaten saat ini tengah dalam proses konsolidasi UMKM semua klaster dan sudah membuat outlet bersama. Sebagian besar pelaku UMKM banyak yang menghasilkan produk dengan kualitas tinggi,” jelasnya.

Airlangga mengungkapkan bahwa UMKM merupakan salah satu sektor yang terdampak negatif dalam masa pandemi. Meskipun demikian, di sisi lain banyak para pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi digital sehingga keterlibatan UMKM dalam pasar digital makin meningkat.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close