Bimata

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemerintah Siapkan Anggaran Pendidikan Sebesar Rp 541,7 Triliun

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah tengah menyiapkan anggaran pendidikan sebesar Rp 541,7 triliun untuk tahun 2022 guna meningkatkan produktivitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan, pembangunan SDM tetap menjadi agenda prioritas pemerintah di tahun depan. Dengan bonus demografi yang dimiliki, Indonesia harus dapat memanfaatkannya serta siap menghadapi disrupsi teknologi.

“Kita harus menyiapkan SDM yang produktif, inovatif, dan berdaya saing global dengan tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berakhlak mulia, dan menjaga jati diri budaya bangsa,” kata Jokowi.

Adapun kebijakan di sektor pendidikan diarahkan untuk melanjutkan reformasi pendidikan, dengan penekanan pada tiga hal.

Pertama, peningkatan kualitas SDM melalui penguatan pendidikan anak usia dini (PAUD) dan sekolah penggerak. Kedua, pemerataan sarana prasarana pendidikan. Ketiga, menyelesaikan mismatch pendidikan dengan penguatan pendidikan vokasi, pengembangan riset terapan dan inovasi yang tersambung dengan industri dan masyarakat, program magang dan teaching industry, serta pelaksanaan program merdeka belajar.

Pemerintah juga berkomitmen untuk memperkuat investasi pemerintah di bidang pendidikan. Diantaranya mendukung perluasan program beasiswa, adopsi teknologi informasi dan komunikasi, pemajuan kebudayaan, penguatan perguruan tinggi kelas dunia, dan pengembangan riset dan inovasi.

 

(ZBP)

Exit mobile version