Regional

Tim SAR Temukan Korban Ketiga Pendaki Gunung Bawakaraeng

BIMATA.ID, Makassar – Tim SAR akhirnya menemukan jasad Muhammad Rian, pendaki ketiga Gunung Bawakaraeng yang meninggal dunia akibat hipotermia.

Jasad korban ditemukan sekitar pukul 20.40 Wita pada Rabu (18/8/2021) malam sekitar 500 meter dari pos 5 Gunung Bawakaraeng.

“Korban ditemukan pukul 20.40 Wita sekitar 500 meter dari Pos 5 dalam keadaan meninggal dunia,” kata Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi.

Lihat juga: Sempat Tak Dilaporkan, Pendaki Bawakaraeng yang Tewas Ternyata Tiga Orang

Sebelumnya, Basarnas Sulsel sempat mengumumkan untuk menghentikan sementara proses pencarian lantaran kondisi cuaca.

Jenazah Rian dilaporkan sudah ditemukan sebelumnya pada pulul 14.20 Wita. Namun setelah dikonfirmasi ke keluarga, ternyata korban yang dimaksud adalah Zaenal, teman rombongan Rian yang juga jadi korban.

Hasil penelusuran aparat, mengungkapkan fakta bahwa ternyata jenazah Rian ditinggalkan oleh teman sependakiannya di sekitar Pos 5. Berdasarkan kesaksian itu, Tim SAR kembali menggerakkan SRU untuk menyisir area yang disampaikan saksi, yakni teman sependakian Rian.

“Kami menerima informasi dari pihak Polsek, bahwa jenazah kedua sebelumnya bukan Rian melainkan Zaenal. Dan korban atas nama Rian ditinggalkan di sekitar Pos 5 Gunung Bawakaraeng, karenanya SRU difokuskan untuk mencari di area yang diinformasikan jenazah Rian diletakkan,” urai Djunaidi.

Proses pencarian dan evakuasi berlangsung dramatis karena kondisi sudah gelap dan cuaca di wilayah Gunung Bawakaraeng yang ekstrem.

Ketiga korban yang merupakan satu rombongan dinyatakan meninggal dunia dan dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan. Wilian ditemukan di Pos 7, Zaenal antar Pos 5-6 dan Rian di sekitar Pos 5.

Pendaki ini diduga tidak bisa bertahan karena mengalami hypotermia berat saat mendaki di Gunung Bawakaraeng yang cuacanya sangat ekstrem.

“Cuaca ekstrem dan ketidaksiapan Pendaki manjadi faktor penyebab banyak korban meninggal dunia,” tutup Djunaidi.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close