BeritaHeadlinePeristiwaPolitik

Tahun Baru Islam 1443 H, Prasetyo Hadi: Semoga Ketakwaan Kita Lebih Baik

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indoneisa Raya (Gerindra), Prasetyo Hadi, mengucapkan selamat Tahun Baru Islam 1443 Hijriah.

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini menyampaikan rasa syukur atas nikmat panjang umur yang Allah SWT berikan kepada dirinya.

“Alhamdulilah kita bisa bertemu kembali di tahun baru ini,” tutur Mas Pras, sapaan akrab Prasetyo Hadi, dikutip dari akun Instagram pribadi @prasetyo_hadi28, Senin (09/08/2021).

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) VI, yang meliputi Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Purworejo ini berharap, semoga keimanan dan ketakwaan dirinya kepada Allah SWT semakin lebih baik dari sebelumnya.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, keberkahan, bertambah ketakwaan untuk menjadi lebih baik di tahun baru ini. Selamat Tahun Baru Islam 1443 H,” tulis Mas Pras.

Untuk diketahui, Tahun Baru Islam diperingati setiap tanggal 1 Muharram. Pada tahun 2021 ini, 1 Muharram jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021.

Sejarah 1 Muharram atau Tahun Baru Islam ditandai dengan peristiwa besar, yaitu peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW.

Mengutip laman LPPI Universitas Muhammadiyah Purwokerto, kalender Hijriah adalah penanggalan Islam yang dimulai melalui peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Perhitungan Tahun Baru Islam bermula di masa Umar bin Khattab RA, tepatnya enam tahun pasca wafatnya Nabi Muhammad SAW.

Sebelum mengenal kalender Islam atau kalender Hijriah, masyarakat Arab mengenal tahun dengan menamainya menggunakan peristiwa penting yang terjadi di tahun tersebut.

Misal, kelahiran Nabi Muhammad SAW dikenal dengan Tahun Gajah. Sebab, pada tahun ini terjadi penyerangan terhadap Kabah oleh pasukan yang menggunakan gajah sebagai kendaraan perangnya.

Sama dengan kalender Masehi, Kalender Hijriyah juga terdiri dari 12 bulan, yaitu Muharram, Shafar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqa’idah dan Dzulhijjah, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari.

Adapun bulan Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender Hijriah.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close