Regional

Siapkan Ratusan Bed, Pasien Isolasi KM Usmini Hanya Puluhan

BIMATA.ID, Makassar – Jumlah pasien Covid-19 yang diisolasi di KM Usmini atau isolasi apung Pemkot Makassar mulai minim.

Sejauh ini, sejak diluncurkan pada awal Agustus lalu sampai sekarang, baru sekitar 169 pasien yang pernah diisolasi di KM Usmini. Posisi saat ini hanya diisi 48 pasien.

Padahal, bed occupancy ratio (BOR) yang disediakan sebanyak 868, yang terdiri dari 804 untuk pasien dan 64 untuk nakes.

Minimnya pasien di KM Usmini juga membuat Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengevaluasi jabatan lurah. Perintah untuk mengisolasi warganya masing-masing satu orang per lurah per hari belum efektif.

“Ini sampai hari ini baru 4 lurah yang bikin. Memang lurah-lurah ini agak berat. Karena tidak mampu komunikasikan dengan masyarakat,” kata Danny.

Dia mengakui, jumlah orang yang isolasi Covid-19 di KM Umsini terus mengalami penurunan lantaran angka kesembuhan tinggi.

Kecepatan orang sembuh dan kecepatan orang isolasi di Umsini tidak berimbang. Setiap hari jumlah orang yang isolasi di Umsini terus berkurang.

“Jadi makin hari makin berkurang. Jadi kita harus suplai. Kalau cuma 50 tidak efektif. Idealnya 500, kalau lurah-lurah bawa satu tiap hari berarti 153 sehari. Kalau orang sembuh berimbang bisa penuh,” ucapnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close