BeritaEkonomiNasionalPolitikProperti

Sekjen PDIP: RI Berhasil Keluar dari Jurang Resesi

BIMATA.ID, Jakarta- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengapresiasi kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang berhasil mengeluarkan Indonesia dari jurang resesi.

Mantan Anggota DPR RI ini mengungkapkan bahwa salah satu yang menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II 2021 adalah sektor konstruksi.

“Ini berkat kerja keras semua dan konsolidasi pemerintahan yang dilakukan,” kata Hasto, Jumat (06/08/2021).

Dia menuturkan pandemi Covid-19 telah mengubah peradaban dunia, pemerintahan, ekonomi, hingga kehidupan sehari-hari. Bahkan partai politik pun berubah dimana rapat-rapat lebih banyak digelar secara daring. Namun, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin membuktikan bahwa pekerjaan untuk membangun ekonomi nasional tak berhenti. Di tengah pandemi, Jokowi justru meresmikan banyak jalan tol baru.

Hasto juga mengatakan, pembangunan infrastruktur yang masif merupakan bagian dari mata rantai ekonomi dunia. Hal ini menempatkan Indonesia sebagai wilayah strategis dengan pembangunan berbagai infrastruktur baru yang menghubungkan antar wilayah.

“Pelabuhan, jalan tol dibangun dari Sumatera sampai ke Jawa. Baru kali ini pemerintahan kita sejak merdeka, kita lihat pembangunan masif yang menghubungkan Indonesia Raya kita. Ini terobosan dan ini kerja keras Pak Menteri Basuki. Layak kita beri tepuk tangan atas prestasi ini,” jelasnya.

Hasto pun mengakui pandemi Covid-19 tetap memunculkan masalah bagi ekonomi rakyat. Contohnya, mekanisasi sejumlah pekerjaan konstruksi tak bisa terhindarkan.

“Pandemi ini membawa peluang bagi kita memikirkan kembali konsep pembangunan kita. Covid telah membawa perubahan pada peradaban dunia. Tetapi sebagai sebuah gagasan konektivitas seluruh mata rantai ekonomi, kerja ini mesti tetap dilanjutkan di tengah pandemi,” tutur Hasto.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close