Regional

Satgas Raika Tes Swab Karyawan Toko ATK Terbesar di Makassar

BIMATA.ID, Makassar – Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) Kota Makassar melakukan tes swab kepada karyawan Toko New Agung, Kamis (26/8/2021).

Toko ATK terbesar di Kota Makassar tersebut jadi sasaran pertama Satgas Raika. Satgas juga menemukan pengelola toko yang belum menerapkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk mengecek sertifikat vaksinasi pengunjung.

Kasi Penegakan Satpol PP Makassar, Muh Muflih mengatakan, swab ini untuk memastikan para karyawan bebas dari Covid-19.

“Ini hari pertama kami melakukan untuk pelaku usaha tes antigen. Jadi hari pertama ini kami langsung ke Toko Agung. Jadi Toko Agung ini termasuk karyawan,” kata Muflih.

Selain itu, Satgas Raika menemukan Toko Agung tak terapkan aplikasi Peduli Lindungi padahal sudah ada aturan dari pemerintah kota Makassar untuk itu.

“Edaran baru yang masuk ke sini untuk pelaku usaha mewajibkan memakai aplikasi Peduli Lindungi atau minimal memperlihatkan bahwa dia sudah vaksin pertama,” ujarnya.

Ia mengaku telah memberikan teguran lisan karena mendapati adanya kepadatan jumlah pengunjung.

“Tadi memang ada kepadatan tapi pengelolanya berjanji untuk mengurangi kepadatan pengunjungnya. Diberikan teguran setempat,” imbuhnya.

Ia memastikan akan menutup pusat perbelanjaan ini jika ditemukan ada yang positif. Namun, hingga tes swab ini selesai menyasar 23 karyawan, tak ada yang positif.

Pengelola Toko New Agung, Rudi menyebutkan, pihaknya telah berusaha menerapkan protokol kesehatan. Ia menjelaskan terdapat sekitar ratusan karyawan yang dipekerjakan dengan sistem shift.

“Kami sudah mengupayakan itu. Kedepannya kami akan lebih mengupayakan lagi,” ucap dia.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close