BeritaEkonomiNasionalUmum

Puan Minta Pemerintah Percepat Pencairan Bantuan Subsidi Upah Pekerja

BIMATA.ID, Jakarta– Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah percepat pencairan bantuan untuk para pekerja yang terdampak Covid-19 mendapat bantuan lewat program bantuan subsidi upah (BSU) harus sudah cair pada pekan ini.

“Masa PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) ini sudah masuk sebulan, artinya subsidi untuk upah bulanan atau BSU pekerja terdampak seharusnya sudah cair,” kata Puan, Kamis (05/08/2021).

Terkait proses administrasi dan validasi data calon penerima yang memerlukan waktu, Puan meminta hendaknya proses tersebut tidak boleh melebihi sebulan setelah PPKM diberlakukan.

“Bantuan tersebut harus sudah masuk ke rekening pekerja dalam pekan ini. Tidak boleh molor sampai pekan depan. Karena ini berkaitan dengan dapur para pekerja,” tutur Puan.

Puan juga meminta pemerintah segera menjalankan kembali program Kartu Prakerja di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian. Menurut dia, Kartu Prakerja gelombang berikutnya harus segera berjalan untuk menyasar para pencari kerja atau pekerja terkena PHK selama masa PPKM Darurat maupun PPKM Level 3-4.

“Adapun proses administrasi untuk realisasi program ini harus mempertimbangkan desakan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa ditunda,” tutur dia.

Adapun pemerintah memberikan BSU untuk pekerja yang bergaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan, terdaftar di BP Jamsostek dan bekerja di wilayah PPKM Level 3-4. Kemudian, besaran bantuan BSU adalah Rp 1 juta per pekerja untuk dua bulan, yakni Juli dan Agustus 2021.

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close