HeadlineRehat

Praktis! Begini Cara Pelihara Ikan Cupang Dengan Benar

BIMATA.ID, Jakarta- Belakangan ini banyak orang yang menjadikan ikan cupang bukan hanya sekedar hobi, melainkan mencari cuan atau keuntungan dari menjual ikan cupang. tetapi tak banyak orang tahu untuk cara pelihara ikan cupang agar tetap hidup lama. Kekinian, Ikan cupang menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling banyak diminati, salah satunya peminat bisnis ikan cupang.

Ikan cupang umumnya memiliki rata-rata hidup selama tiga tahun. Namun, tentu saja ikan cupang yang kita miliki bisa berumur tidak selama itu.

Hal ini tentu tidak lepas dari warna ikan cupang yang cantik dan pemeliharaannya yang tergolong mudah. Ikan cupang hidup lebih lama tentu jadi harapan banyak orang.

Lantas, adakah cara untuk membuat ikan cupang hidup lebih lama?

Salah satu kunci untuk membuat ikan cupang hidup lebih lama tentu saja dengan memilih ikan cupang yang sehat ketika membelinya.

Matanya jernih, siripnya tidak robek dan tentu saja bergerak dengan aktif.

Selain itu berikut ada beberapa cara membuat ikan cupang hidup lebih lama:

1. Menjaga kebersihan air

Kebersihan air merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan ikan cupang sehingga cupang dapat bertahan hidup lebih lama.

Pada akuarium kecil, setidaknya air cupang harus diganti dua hari satu kali. Sedangkan untuk akuarium yang disaring, harus mengganti 25 persen air atau setidaknya sebulan sekali.

Jika tidak disimpan dalam kondisi air yang baik, sirip ikan cupang akan rentan mengalami pembusukan. Oleh karenanya, akuarium terbaik untuk cupang adalah akuarium yang diangin-anginkan dan disaring.

2. Tambahkan tanaman pada akuarium

Tanaman menjadi salah satu komponen penting dalam akuarium yang diberi ikan cupang.

Tanaman ini berfungsi untuk ikan cupang bersembunyi dan beristirahat supaya tidak lelah dan stres.

3. Pisahkan ikan cupang

Ikan cupang jantan memiliki sifat teritorial. Mereka dapat melukai satu sama lain sehingga bisa mengurangi umur mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memisahkan cupang jantan dengan cupang jantan lainnya. Atau, setidaknya beri sekat pada satu akuarium besar untuk mencegah keduanya terus berkelahi.

4. Perhatikan aliran air

Aliran air yang lembut melalui tangki untuk memberi arus perlawanan saat ikan cupang berenang dapat membuat ikan cupang lebih bugar.

Namun, aliran air ini juga tidak boleh terlalu berlebihan supaya ikan cupang tidak menjadi stres.

5. Gunakan filter dan heater

Heater berfungsi untuk menjaga suhu air tetap berada pada kisaran 24 – 27 derajat celcius sebagai mana standar suhu yang dibutuhkan cupang.

Sementara itu, filter digunakan untuk menyaring air kotor pada akuarium supaya air menjadi lebih bersih sehingga dapat memperpanjang umur cupang.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close