Nasional

PPKM Diperpanjang, Luhut Pandjaitan Pastikan Liga 1 2021 Tetap Jalan dengan Syarat

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Liga 1 2021 akan tetap dilangsungkan mulai tanggal 27 Agustus 2021 meski PPKM Level 3-4 diperpanjang lagi sampai 30 Agustus 2021.

Perpanjangan PPKM Level 3-4 diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Agustus 2021.

Jokowi mengatakan, sejumlah kawasan di Jawa dan Bali yakni wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, dan beberapa kota lainnya sudah bisa berada pada level 3 mulai 24 Agustus 2021.

Luhut Pandjaitan menerangkan, pemerintah akan melakukan uji coba protokol kesehatan pada pertandingan sepak bola Liga 1 2021. Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia itu akan digelar dengan syarat tanpa penonton.

“Pertandingan akan dilakukan di provinsi DKI Jakarta tanpa penonton dengan maksimal 3 pertandingan,” sebut Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers pada 23 Agustus 2021.

“Sama halnya dengan pusat perbelanjaan, mall dan industri, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan dan Penggunaan Aplikasi Peduli Lindungi juga akan digunakan,” katanya lagi.

Selama ini, pemerintah memanfaatkan aplikasi Peduli Lindungi sebagai sarana skrining pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat umum seperti mal, pabrik, dan tempat olahraga.

Berdasarkan data pemerintah, total 5,9 juta orang melakukan skrining menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Sebanyak 12.459 orang di antaranya tidak diperkenankan masuk ke tempat umum oleh sistem.

“Saya minta para supporter untuk tidak datang ke stadion atau melakukan aktivitas nonton bareng.”

“Mari kita mendukung klub masing-masing dan menikmati jalannya pertandingan dari rumah saja,” ucap Luhut Pandjaitan.

Liga 1 sudah vakum selama lebih dari satu tahun. Terakhir kali digelar adalah pada Maret 2020 yang kemudian terhenti akibat pandemi Covid-19.

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close