Berita

Petugas Melakukan Penyegelan Minimarket dan Supermarket Tak Berizin di Kota Depok

BIMATA.ID, Depok — Satpol PP Kota Depok melakukan penyegelan terhadap minimarket dan supermarket di wilayahnya. Kedua tempat perbelanjaan itu diketahui tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) berdasarkan penelusuran Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok.

“Hari ini kami melakukan penyegelan dua lokasi minimarket dan supermarket yang tidak memiliki IMB,” ujar Kabid Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok, Taufiqurrahman, Senin (30/08/2021).

Taufiqurrahman menuturkan, bangunan minimarket dan supermarket telah melanggar Perda Kota Depok. Bangunan tersebut tidak memiliki IMB yang tertuang pada Perda Kota Depok Nomor 3 Tahun 2019, Perda Nomor 1 Tahun 2015 dan Perda Nomor 2 Tahun 2016 tentang perizinan dan non-perizian rencana tata ruang wilayah.

“Sebelumnya sudah diberikan peringatan, baik surat peringatan pertama, kedua dan ketiga, namun tidak diindahkan sehingga kami lakukan penyegelan,” ucap Taufiqurrahman.

Pemilik bangunan dapat melakukan pengurusan izin bangunan ke DPMPTSP Kota Depok. Pemilik bangunan diberikan tenggat waktu selama tiga bulan untuk mengurus perizinan sehingga penyegelan dapat ditangguhkan.

“Tenggat waktunya selama tiga bulan untuk mengurus IMB-nya, setelah itu segel yang terpasang dapat dilepas kembali,” ungkap Taufiqurrahman.

Pada saat dilakukan penyegelan, minimarket dan supermarket masih memberikan pelayanan dengan menjual produk kepada pengunjung. Lokasi yang di segel berada di Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, dan Jalan Raya Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya.

“Iya saat kami mau segel minimarket dan supermarket masih beroperasi, padahal sudah kami berikan SP tiga,” terang Taufiqurrahman.

Setelah dilakukan penyegelan, lanjut Tafuqirrahman, minimarket dan supermarket tersebut dilarang melakukan operasional. Apabila masih ditemukan pelanggaran, Satpol PP Kota Depok akan memberikan tindakan tegas.

“Kami akan paksa tutup kembali kalau memang masih membandel melakukan operasional,” Pungkasnya.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close