BeritaHeadlinePolitik

Percepat ‘Herd Immunity’, Muzani Instruksikan DPD Gerindra se-Indonesia Gelar Vaksinasi

BIMATA.ID, Banten – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ahmad Muzani, memantau kegiatan vaksinasi di area lapangan parkir Hotel Atria, Sumarecon, Kabupaten Tangerang dan Perumahan Citra Permai, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu, 14 Agustus 2021.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Banten itu tersebar di 22 titik di wilayah Provinsi Banten, yang dimulai pada hari ini, Sabtu, 14 Agustus 2021 hingga besok, Minggu, 15 Agustus 2021.

“Kami Partai Gerindra menggelar program vaksinasi ini dalam rangka ikut bersama sama mendukung pemerintah untuk menekan penularan Covid-19 yang jumlahnya terus meningkat, termasuk mempercepat upaya untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok),” ujar Muzani, Sabtu (14/08/2021).

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) ini menerangkan, Partai Gerindra sebagai kekuatan partai politik (parpol) memiliki tanggung jawab untuk mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah dalam rangka penanganan Covid-19 di Indonesia.

Karena itu, lanjut Muzani, Partai Gerindra telah memerintahkan kepada seluruh komponen, baik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI maupun Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk mendukung dan memberikan persetujuan terhadap kebijakan yang diperlukan terkait penanganan pandemi.

“Sebagai kekuatan partai, yang terpenting kita men-support (mendukung) semua kebijakan pemerintah di DPR dan semua dukungan yang diperlukan. Di tingkat pusat, provinsi, kabupaten, dan kota, kita sudah perintahkan untuk men-support semua kegiatan pemerintah yang dimaksudkan untuk mencegah Covid-19. Termasuk refocusing (memfokuskan kembali) anggaran juga kita dukung melalui DPRD,” tegas Ketua Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini.

“Bagi mereka yang terdampak positif Covid-19, kami berikan bantuan paket obat selama isoman (isolasi mandiri). Bagi rakyat yang terdampak kesulitan ekonomi dan kehilangan pekerjaan, kami berikan bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan kapasitas terbatas, kami juga telah memerintahkan kepada seluruh Anggota DPR dan DPRD Gerindra agar turun langsung ke Dapil (daerah pemilihan) masing-masing untuk memberikan bantuan tersebut secara langsung,” papar Muzani.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Lampung I juga meminta, agar seluruh Pengurus DPD Partai Gerindra di 34 provinsi untuk bekerja sama dengan dinas kesehatan (Dinkes) setempat dalam menggelar program vaksinasi.

“Kita juga imbau kepada seluruh Pengurus DPD Gerindra untuk mengupayakan program vaksinasi bekerja sama dengan dinas kesehatan di wilayah masing-masing seperti yang kita lakukan sekarang ini. Kita melakukan vaksinasi dan ini saya kira bagus, karena Covid-19 ini bebannya sangat berat, kompleks. Karena itu, diperlukan dukungan semua kekuatan, termasuk partai politik untuk bersatu padu bersama pemerintah agar penanganan ini komperhensif menjadi beban yang ringan,” imbuh Muzani.

Di tempat yang sama, Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Banten, Andra Soni menuturkan, melihat antusias masyarakat Banten yang mengikuti program vaksinasi tersebut cukup tinggi, maka DPD Partai Gerindra Banten akan mengupayakan program vaksinasi selanjutnya.

Saat ini, dia menjelaskan, DPD Partai Gerindra Provinsi Banten bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Banten dalam menggelar vaksinasi di 22 titik yang tersebar di wilayah Provinsi Banten.

“Saat ini kita melaksanakan vaksinasi di 22 titik dengan sasaran 4 ribu orang yang akan divaksin. Tapi berdasarkan pengalaman hari ini, ternyata antusiasme masyarakat tinggi dan kita upayakan untuk melakukan program vaksinasi lagi,” tutur Andra.

Ketua DPRD Provinsi Banten ini menyebutkan, vaksinasi tahap dua akan dilakukan 28 hari ke depan setelah dosis pertama, artinya sekitar tanggal 11 September mendatang. Berdasarkan data yang ada, baru sekitar 19 persen dari total 13 juta penduduk Banten yang sudah divaksin.

“Maka itu, kami berupaya untuk mendukung Pemerintah Provinsi Banten bekerja sama dengan aparat, agar vaksinasi ini bisa berjalan sukses dan mempercepat upaya mencapai herd immunity,” pungkas Andra.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close