Kesehatan

Penyebab Mata Sipit Sebelah dan Cara Mengatasinya

BIMATA.ID, Jakarta- Meski jarang terjadi, namun beberapa orang mengeluhkan kondisi di mana mata mengecil sebelah atau mata sipit sebelah.

Dikatakan oleh Dokter Spesialis Rekonstruksi Mata dr. Mufida Dwi Nurhayati, penyebab mata sipit sebelah umumnya disebabkan karena gangguan saraf yang mengatur otot-otot bola mata.

Selain itu, penyebab mata sipit sebelah juga bisa terjadi karena kondisi medis seperti stroke atau gangguan oksigenasi pada otak.

Kondisi tersebut pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan pada saraf-saraf yang mengatur pergerakan wajah.

Mufida mengatakan, penting bagi pasien yang mengalami masalah mata sipit sebelah untuk mencari tahu kapan masalah tersebut mulai terjadi.

“Harus cari tahu dulu, kalau sipitnya sejak kecil atau dari lahir, berarti genetiknya begitu. Jadi ada perbedaan antara mata kanan dan kiri,” ungkapnya saat berbicara dalam acara Tampil Percaya Diri dengan Mata Sehat dan Indah, Kamis (12/8/2021).

Jika mata sipit sebelah terjadi di usia dewasa, maka diperlukan penilaian menyeluruh apakah kondisi sipit tidak memiliki kelopak atau lipatan mata, atau kelopak mata terjatuh.

Jika yang terjadi adalah kelopak mata jatuh, maka hal tersebut dapat menutupi penglihatan dan sangat disarankan untuk melakukan operasi kelopak mata.

“Tapi kalau jatuh sampai tidak menutupi penglihatan, masih bisa diobservasi. Meski tidak bisa dinaikkan,” ungkapnya lebih lanjut.

Dengan operasi kelopak mata, menurut Mufida, pasien bisa mengalami peningkatan penglihatan mata.

Dikutip dari Alo Dokter, belum ada obat herbal yang bisa mengatasi masalah mata sipit sebelah. Namun ada beberapa cara rumahan yang bisa dilakukan di antaranya:

  • Mengompres mata dengan air hangat
  • Tidak mengucek mata dengan tangan yang tidak dicuci bersih
  • Menghindari penggunaan obat-obatan mata yang tidak dianjurkan oleh dokter
  • Mengistirahatkan mata, terutama jika bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, atau memegang gadget dalam waktu yang lama.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close