PertanianBeritaEkonomiNasional

Pentingnya Kebijakan Pemerintah Dalam Tingkatkan Kesejahteraan Petani

BIMATA.ID, Semarang- Ketua Komisi B DPRD Fraksi PDIP Provinsi Jateng, Sumanto mengatakan bahwa pentingnya kebijakan pemerintah dalam peningkatan sektor pertanian khususnya pada pendapatan petani.

Sumanto menilai, jika kemiskinan di sektor pertanian menurun, maka otomatis angka kemiskinan tingkat nasional juga akan menurun. Karena, jumlah petani di Indonesia sangatlah banyak.

“Oleh karena itu, pemerintah harus hadir. Persoalan pertanian tanaman pangan itu harus dihadapi dan ditangani pemerintah,” tegas Politikus PDI Perjuangan itu.

Semua daerah harus memahami soal rencana alih fungsi lahan pertanian/tata ruang wilayah (RT/RW). Selama ini petani juga sering ‘dilupakan’ padahal, petani memiliki peranan yang sangat besar di Indonesia.

Dalam hal ini, Komisi B sudah menyampaikan kepada pemerintah melalui dinas terkait soal adanya usulan peningkatan pemberdayaan sektor pertanian dan pemberian subsidi di sektor pertanian.

“Saya sudah berkomunikasi dengan sejumlah petani, kelompok tani, dan pihak-pihak terkait lainnya mengenai kendala yang dihadapi. Saya berharap, dengan adanya peningkatan sektor pertanian disertai terobosan teknologi, maka pendapatan para petani ikut terdongkrak,” harapnya.

 

(Bagus)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close