Regional

Pemkot Makassar Tunjuk Tiga Rekanan Salurkan 100 Ribu Paket Bansos

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar belum menyalurkan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat terdampak PPKM Level 4. Bantuan berupa sembako itu mencapai 100 ribu paket.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Rusmayani Masjid mengatakan, bantuan tersebut secepatnya bisa segera disalurkan.

“Bulan ini Insyaallah, tapi kalau saya maunya Jumat ini. Sepanjang semua berita acara yang sudah kita siapkan. SK-SK sudah siap yah, saya tinggal jalankan,” kata Rusmayani, Rabu (18/8/2021).

Ia berharap penyaluran bansos tak melewati Agustus 2021. Ia menyebut semakin cepat penyaluran bantuan, semakin baik.

Pada intinya kata dia, pihaknya telah merampungkan pendataan paket bansos sebanyak 70.488 Kartu Keluarga dari 90 ribu data. Saat ini telah memasuki tahapan pengadaan dan pendistribusian.

Mereka yang menerima bansos dari Pemerintah Kota Makassar sudah tervalidasi bukan penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bansos Kartu Sembako (BPNT) dari Kementerian Sosial.

Ia menyebut, pemkot telah menetapkan tiga rekanan untuk penyaluran bansos, yakni Bulog, PT Pertani, dan Benteng Mart (Supermarket Grosir).

Dinas Sosial juga melibatkan lurah dan pihak kecamatan terkait pola pendistribusian bansos.

“Kita sangat hati-hati kalau data yang masuk tidak sesuai dengan data penerima. Sisanya minta petunjuk ke Wali Kota Makassar,” tuturnya.

Selain itu, Dinas Sosial juga melibatkan kejaksaan dan inspektorat untuk mengawasi pendistribusian bansos. Hal itu mencegah terjadinya kecurangan di lapangan.

“Kita sudah siapkan berita acara kemudian bentuk berita acara mulai dari dinsos, kecamatan, kelurahan,” Imbuhnya.

Sekadar diketahui, Nilai paket bansos dari pemerintah kota sebesar 200 ribu, terdiri dari 10 kg beras, 2 liter minyak, 2 kilo gula, dan 15 bungkus mie instan

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close