Regional

Pemkot Makassar Mulai Distribusikan Bansos Covid

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar mulai menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako untuk warga terdampak Covid-19.

Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Rusmayani Madjid berharap penyaluran bansos ini bisa berjalan mulus dan tepat sasaran.

“Semoga semua bisa dilancarkan dan tepat sasaran,” kata Rusmayani, Sabtu (28/8/2021).

Dia mengatakan, penyaluran perdana ini merupakan tahap uji coba untuk melihat kecepatan dari awal di gudang hingga kelancaran tim distribusi.

Lihat juga: Pemkot Makassar Tunjuk Tiga Rekanan Salurkan 100 Ribu Paket Bansos

Pengadaan paket bantuan melibatkan tiga penyedia masing-masing Bulog, Benteng Mart, dan Pertani. Isi paket tersebut adalah 10 kg beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula pasir, dan 15 bungkus mi instan.

Lihat juga: Segera Disalurkan, Pemkot Makassar Jamin Kualitas Beras Bansos

“Khusus Bulog, kami menggunakan produk Beras Kami, Gula Kami, dan Minyak Kami. Bulog memiliki merek sendiri. Jika itu mi instan, kami menggunakan merek Indomie. Untuk Pertani dan Benteng Mart juga memilikinya. Merek beras sendiri,” jelasnya.

Mengenai data penerima bantuan, Rusmayani mengungkapkan, bukan dari Dinas Sosial. Melainkan usulan dari bawah, tingkat RT dan RW, kemudian disahkan di tingkat atas. Kemudian, tidak termasuk penerima bantuan DTKS dan PKH.

“Data yang kami terima dari bawah, kami pasangkan dengan data Dinsos. Kalau dia pernah menerima DTKS dan PKH, tentu oke. Kami juga validasi KK dan KTP-nya,” katanya.

Berdasarkan validasi yang dilakukan, dari sekitar 90 ribu data yang masuk, ada 70 ribu lebih KK yang sama sekali tidak bermasalah. Sedangkan sisanya, sekitar 29 ribu, dikembalikan ke daerah masing-masing untuk dilakukan verifikasi ulang.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close