BeritaEkonomiEnergiNasional

Pemerintah Tambah 13 Sektor Industri yang Bisa Nikmati Harga Gas Murah

BIMATA.ID, Jakarta- Pemerintah berencana akan menambah lagi 13 sektor industri untuk bisa merasakaan kebijakan harga gas industri 6 dollar AS per Million British Thermal Unit (MMBTU).

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, sektor industri yang dimaksud di antaranya meliputi industri ban, makanan dan minuman, pulp dan kertas, logam, permesinan, otomotif, karet remah, rafraktori, elektronika, plastik fleksibel, farmasi, semen, dan asam amino. Rencana ini, kata Agus, masih dalam tahap pembahasan dengan Kementerian ESDM.

“Masih dalam tahap pembicaraan dengan ESDM, jadi memang intinya subsidi gas ini manfaatnya luar biasa dan harus dinikmati karena memberikan manfaat dan pemasukan negara,” kata Agus dalam diskusi virtual, Rabu (18/08/2021).

Pemberlakuan kebijakan harga gas bumi 6 dollar AS per MMBTU kepada tujuh industri memberikan dampak yang signifikan terhadap pendapatan negara lantaran adanya peningkatan pada utilisasinya.

Pemerintah sebelumnya memberikan subsidi harga gas ke tujuh industri yang di antaranya adalah industri pupuk, oleokimia, keramik, petrokimia, baja, kaca dan sarung tangan karet yang sudah berlaku sejak 1 April 2020.

“Kita lihat ini ada kenaikan yang signifikan akan utilisasinya, naik pesat. Kemudian ekspornya juga semakin naik yang tentunya memberikan dampak positif pada pendapatan negara,” ujarnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close