BeritaHeadlineInternasionalPolitik

Pemerintah Evakuasi 26 WNI dan 5 Warga Filipina dari Afghanistan

BIMATA.ID, Jakarta – Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) bersama dua warga Afghanistan dan lima warga berkebangsaan Filipina dari Kabul, Afghanistan.

Afghanistan tengah dilanda huru-hara politik setelah kelompok militan Taliban kembali merebut kekuasaan menyusul hengkangnya pasukan Amerika Serikat.

“Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staff lokal KBRI),” ucap Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, dikutip bimata.id melalui akun Twitter @Menlu_RI, Jumat (20/08/2021).

 

Pemerintah Evakuasi 26 WNI dan 5 Warga Filipina dari Afghanistan
Cuit Retno (Dok. Twitter @Menlu_RI)

 

Pesawat milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) yang melakukan evakuasi, saat ini sedang melakukan transit di Islamabad, Pakistan, untuk mengisi bahan bakar sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Tanah Air.

“Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU. Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia,” ungkap Retno.

Namun, Retno tidak menjelaskan kenapa lima warga Filipina juga turut ikut dalam evakuasi di pesawat tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mendorong penyelesaian politik di Afghanistan secara damai yang diinisiasi dan dipimpin oleh rakyat Afghanistan sendiri.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close