NasionalBeritaHukum

Pemerintah Diminta Serius Selamatkan KPK

BIMATA.ID, Jakarta- Saat ini kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menurun. Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Achmad Santosa meminta pemerintah serius untuk menyelematkan lembaga anti rasuah tersebut.

“Ini tentu saja tidak bisa didiamkan oleh pemimpin pemerintahan oleh pemimpin negara ini. Data dari berbagai lembaga survei menunjukkan adanya penurunan yang terjadi secara signifikan terkait KPK ini di mata publik,” kata Achmad Santosa dalam diskusi daring, Minggu (29/08/2021).

Menurut laporan survey, polemik Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berujung pemecatan puluhan pegawai berintegritas merupakan salah satu alasan dari terjadinya penurunan kepercayaan masyarakat terhadap KPK

“Penurunan kinerja KPK dan penindakan sesuai dengan laporan survei yang dirilis tentu sulit dilepaskan dari konteks persoalan TWK ini. Hal tersebut diperparah dengan menurunnya IPK (Indeks Persepsi Korupsi) sesuai dengan hasil transparansi internasional. Ini yang menjadi kekhawatiran kita,” jelasnya.

Mantan Wakil Ketua KPK inipun meminta pemerintah segera turun tangan untuk dapat membenahi KPK. Jika tidak, cita-cita negara Indonesia untuk menjadi negara yang disetarakan dengan negara maju pada 2045 tidak akan terwujud.

 

(ZBP)

 

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close