Berita

Nakes di Kota Batu Pekan Depan Mulai Terima Vaksin Dosis Ketiga

BIMATA.ID, Batu — Pekan depan tenaga kesehatan (Nakes)di Kota Batu mulai mendapatkan vaksin dosis ketiga hal ini menjadi target Dinas Kesehatan Kota Batu untuk menambah proteksi tenaga kesehatan yang dimiliki.

Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika Trisulandari mengatakan Vaksin Moderna sudah siap di gudang Dinas Kesehatan dan mulai didistribusikan pekan depan.

Menurutnya pekan depan, Dinas Kesehatan akan melaksanakan vaksin untuk tiga kategori, yakni tenaga kesehatan, disabilitas dan ODGJ (orang dengan gangguan jiwa).

“Secepatnya kita berbagi dengan tim, vaksinasi untuk tenaga kesehatan dosis 3, vaksin untuk anak disabilitas dan ODGJ segera kita rampungkan minggu depan,” ujarnya, Jumat (06/08/2021).

Sekitar 1000 orang sasaran akan dilakukan vaksinasi, dengan perkiraan ODGJ sebanyak 220 orang dan 660 untuk nakes.

“Kenapa nakes kita berikan vaksin dosis 3 ini, karena nakes sangat beresiko, setiap hari mereka bertemu dengan orang yang terpapar, karena itu dibutuhkan tambahan boster untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kalau resiko bisa diminimalkan, nakes bisa memberikan pelayanan dengan baik,” ujarnya.

Vaksin moderna yang akan disuntikkan kepada nakes ini sudah mendapatkan izin penggunaan resmi dari Badan POM bulan Juli 2021 lalu. Ada pun nakes yang bisa mendapatkan vaksinasi dosis tiga ini adalah nakes yang sudah mendapatkan suntikan dosis pertama dan dosis kedua serta memiliki jeda waktu 3-6 bulan sebelum menjalani vaksinasi dosis ketiga.

[oz]

Tulisan terkait

Bimata
Close