Berita

Menlu Retno Marsudi Temui Perwakilan Taliban di Qatar untuk Hormati Hak Perempuan

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berkunjung ke kantor Taliban yang ada di Doha, Qatar. Hal itu diungkapkan melalui postingan akun Twitter @Menlu_RI, pada Kamis 26 Agustus 2021.

“Di sela kunjungan saya ke Qatar, saya juga bertemu dengan perwakilan dari Kantor Politik Taliban,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Retno Marsudi meminta Taliban yang baru-baru ini kembali menguasai Afghanistan pasca penarikan mundur militer Amerika Serikat dan sekutunya untuk menghormati hak-hak perempuan.

“Saya menyampaikan kepada pihak Taliban akan pentingnya pemerintahan yang inklusif di Afghanistan, menghormati hak-hak perempuan,” kata Retno Marsudi.

Retno Marsudi juga meminta agar pihak Taliban tidak kembali menjadi sarang dari teroris yang nantinya dapat berdampak buruk bagi masyarakatnya.

“Taliban harus bisa memastikan agar Afghanistan tidak lagi menjadi tempat berkembang organisasi teroris maupun kegiatan teroris,” jelas Retno Marsudi.

Menlu RI Retno Marsudi juga berdiskusi mengenai berbagai topik terkait evakuasi sejumlah warga Afghanistan, keamanan dan masa depan dari negara Afghanistan.

Dalam kesempatan yang sama, Retno juga bertemu dengan teman kampus baiknya Deputi Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani serta bertemu dengan perwakilan Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad.

[oz]
Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close