Peristiwa

Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Serta Cara Melakukannya dengan Benar

BIMATA.ID, Jakarta- Atlet Belanda, Wim Hof yang dikenal sebagai “manusia es” telah lama mendorong gagasan ‘termogenesis dingin’, yang merupakan frasa untuk gagasan membiasakan diri mandi air dingin.

Wim Hof adalah atlet olahraga ekstrem yang telah memecahkan rekor dunia untuk berenang di bawah lempengan es dan berlari setengah maraton tanpa alas kaki di area bersalju. Di negara asalnya, Belanda, mada penelitian bertajuk The Cool Challenge.

Dalam sebuah studi, peneliti meminta 3.000 orang responden berusia 18 hingga 65 tahun untuk beralih dari mandi air panas ke mandi air dingin selama 30, 60 atau 90 detik terakhir selama tiga puluh hari dan dilakukan di bulan Desember.

Peneliti kemudian menemukan hasil mencengangkan. Apa saja? Berikut rangkumannya.

  • Pengurangan 29 persen kasus tidak masuk kerja karena sakit
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Peningkatan fungsi kardiovaskular
  • Meningkatkan vitalitas

Para peneliti menyimpulkan bahwa mandi air dingin dapat membuat penyakit seseorang (jika ada) tidak terlalu parah, dan memungkinkan mereka untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Penelitian lain juga membuktikan manfaat mandi air dingin dapat “meredakan gejala depresi dengan lebih efektif”. Penelitian juga menunjukkan “efek analgesik yang signifikan”, yang berarti bahwa terapi mandi air dingin dapat menghilangkan rasa sakit, yang sudah diketahui oleh setiap orang yang cedera olahraga.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan manfaat mandi air dingin?

  1. Berkomitmen pada tantangan mandi air dingin. Mulai besok pagi buat keputusan untuk mengganti kebiasaan mandi air panas ke dingin saat menjelang selesai mandi.
  2. Mulailah dengan tambahan es selama 30 detik untuk minggu pertama, lalu tingkatkan menjadi 60 detik untuk minggu kedua dan 90 detik di akhir bulan.
  3. Pastikan merendam seluruh tubuh, bukan hanya kaki atau lengan. Bagian kepala dan punggung serta seluruh tubuh harus kena.
  4. Tidak apa-apa untuk membuat suara mendengking dan suara-suara kedinginan lainnya. Mengeluarkan suara karena sesuatu yang tubuh rasakan memang sangat dianjurkan!

Terakhir, mandi air panas atau dingin adalah salah satu cara termudah di dunia untuk merawat kesehatan karena tanpa memerlukan biaya berarti. Jadi coba di rumah ya!

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close