BeritaHukumOlahragaPolitik

Mahfud MD Pastikan Masalah Lahan Venue PON XX Papua Segera Selesai

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia (RI), Mahfud MD, memastikan permasalahan lahan venue (lokasi) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan segera selesai.

Jelang PON XX Papua yang akan berlangsung 2 hingga 15 Oktober mendatang, sempat muncul masalah mengenai pembangunan lokasi tanding di tempat tertentu.

Dalam rapat koordinasi terkait persiapan PON di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI, Kamis, 19 Agustus 2021, Mahfud MD menyatakan, telah menemukan kesepakatan penyelesaian masalah arena pertandingan pesta olahraga empat tahunan terbesar di Indonesia.

PON XX Papua digelar di empat klaster venue, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Insyaallah pada tanggal dimulainya PON itu semua sudah selesai dan tidak ada masalah. Adapun soal venue yang dibangun di tanah-tanah tertentu, juga reklamasi di pantai tertentu, itu sudah diselesaikan, sudah ada kesepakatan untuk penyelesaiannya. Sehingga, Insyaallah semua berjalan lancar,” katanya, dalam keterangan resmi, Jumat (20/08/2021).

Berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 4 Tahun 2021 tentang Dukungan Penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Tahun 2021, Mahfud ditugaskan Presiden RI untuk menangani urusan politik dan keamanan selama PON berlangsung, serta permasalahan lahan atau tanah yang digunakan untuk penyelenggaraan PON.

Meski diselenggarakan di tengah suasana pandemi Covid-19, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI ini mengajak semua elemen, termasuk masyarakat menyambut baik pelaksanaan PON dan Peparnas yang akan digelar di provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia tersebut.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini juga menekankan, pelaksanaan PON XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua pada Oktober hingga November 2021 dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Mari kita bergembira dengan olahraga, mari jaga kesehatan dengan mengikuti protokol kesehatan di era pandemi, berolahraga dan bergabung dengan PON XX dan Peparnas XVI di Papua, Oktober-November 2021. Torang Bisa!” ujar Mahfud.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close