BeritaHeadlineKesehatanNasionalRegional

Luhut: Tolong Jangan Tutup-tutupi Angka COVID-19

BIMATA.ID, Malang – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan, saat kunjungannya ke Malang Raya hari ini (13/08), menyoroti transparansi angka penyebaran COVID-19.

Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) tidak perlu menutup-nutupi penyebaran COVID-19 di wilayahnya.

“Titip sampaikan pada Pemda (Pemerintah Daerah), saya minta tidak ada angka-angka yang ditutup-tutupi, biarin aja dibuka. Masalah kita ramai-ramai gak ada yang salah, yang salah itu yang kita tutup-tutupin. Kalau kita buka dan kita tangani dengan benar, pasti turun. Semua sudah saya lihat, sekarang masalahnya kita sederhanakan kalu kita mau lihat itu (penurunan angka penyebaran COVID-19),” tuturnya.

Lebih lanjut, Luhut juga mengatakan agar Pemda tidak perlu takut jika angka penyebaran COVID-19 di wilayahnya tinggi.

“Jadi jangan kuatir tinggi, biarin aja tinggi, kalau kita obati pasti turun. Saya lihat sekarang Kulonprogo, Solo, Magelang, kalau mau melaksanakan itu (isolasi) tidak masalah,” tegasnya.

Menurut Luhut, kunci menghadapi Pandemi COVID-19 saat ini adalah pelaksanaan isolasi di tiap-tiap wilayah. “Jadi kuncinya itu isoter (isolasi terpadu),” tegasnya.

Dia juga mengatakan pemerintah saat ini tengah mengupayakan vaksinasi massal kepada warganya untuk memenuhi herd immunity.

“Sekarang sudah 80 juta (orang) yang disuntikan (vaksin). Orang yang meninggal itu rata-rata orang yang tidak divaksin. Jadi kalau dia divaksin kena (gejala) ringan, gak parah. Jadi, anjurkan semua vaksin,” tandasnya.

 

YA

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close