Internasional

Korea Selatan dan AS Akan Latihan Gabungan, Kim Yo Jong Ngamuk

BIMATA.ID, Jakarta- Adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong mendesak Korea Selatan untuk membatalkan latihan gabungan rutinnya dengan tentara Amerika Serikat.

Menyadur dari NHK Senin (02/08), latihan gabungan itu kerap diadakan setiap tahunnya di Korea Selatan pada bulan Agustus.

Kim Yo Jong merilis pernyataan melalui Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah pada hari Minggu.

“Selama beberapa hari, saya telah mendengar cerita yang tidak menyenangkan bahwa latihan militer gabungan antara tentara Korea Selatan dan pasukan AS dapat berjalan sesuai jadwal.”

Kim melanjutkan dengan mengatakan “kami tidak pernah membahas skala atau bentuk latihan militer bersama.”

“Pemerintah dan tentara kami akan mengikuti dengan cermat apakah pihak Korea Selatan melakukan latihan perang bermusuhan pada bulan Agustus atau membuat keputusan berani lainnya.”

Dia menambahkan, “Harapan atau putus asa? Pilihan tidak dibuat oleh kami.”

Pernyataan Kim Yo Jong juga merujuk pada pembukaan kembali jalur komunikasi lintas batas langsung antara Korea Selatan dan Korea Utara pekan lalu.

Dia mengatakan langkah itu tidak boleh dianggap sebagai sesuatu yang lebih dari sekadar rekoneksi fisik.

Sebelumnya, Kim Yo Jong juga pernah mengatakan negaranya tak berniat ‘mengancam Amerika Serikat.

“Kita tidak punya niat untuk mengancam AS. Sejauh mereka tidak menyentuh dan melukai kita, segalanya akan berjalan seperti biasa.”

Yo Jong juga mengatakan pertemuan puncak antara Korea Utara dan Amerika Serikat untuk saat ini hanya berguna bagi Washington.

 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close